Rabu, 13 Juni 2012

SIARAN PERS PRESTASI OSN MTs SE PROV. JATENG

SIARAN PERS PRESTASI OSN MTs SE PROV. JATENG 


 

SIARAN PERS PRESTASI OSN MTs SE PROV. JATENG
Kompetisi Sains Madrasah Tingkat MTs se-Jateng
Ditulis oleh Administrator   
Monday, 11 June 2012
ImageMasuk 10 Besar, MTsN Margadana Melaju ke Tahap II
Guna menciptakan kondisi dalam kompetisi ilmiah di lingkungan madrasah, dan sebagai sarana mengenalkan potensi madrasah dalam bidang sains, Kementerian Agama (Kemenag) RI menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM). Kegitan tersebut dilaksanakan bertahap atau berjenjang, mulai tingkat kota hingga nasional.
LAPORAN: ADI MULYADI
TIDAK dipungkiri, selama ini masyarakat hanya mengenal atau lebih akrab dengan Olimpiade Sains Nasional (OSN), yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sebenarnya, Kemenag memiliki kegiatan sama, yang dikenal dengan sebutan KSM.
Kegiatan itu merupakan salah satu agenda penting yang dilakukan, guna meningkatkan kualitas madrasah. Selain menciptakan kondisi kompetisi ilmiah di lingkungan madrasah, dan sebagai sarana mengenalkan potensi madrasah dalam bidang sains.
Sebelum sampai tingkat nasional, acara dilaksanakan berjenjang. Bidang Mapenda Kanwil Kemenag Propinsi Jawa Tengah, mengadakan kompetisi tingkat propinsi, Minggu (10/6), bertempat di MAN 2 Kudus. Tema yang diangkat adalah 'Olah pikir dan olah ilmu, mewujudkan keseimbangan iman, ilmu, dan amal.’
KSM dibuka oleh Kepala Kanwil Kemenag Jawa Tengah, Drs H Imam Haramain MSi. Kegiatan diikuti 121 MTs, dimana setiap madrasah mengirimkan tiga peserta. Yaitu bidang Matematika, Fisika, dan Biologi. KSM tingkat propinsi ini juga didukung oleh Tim dari UNDIP, dan UNNES selaku penyusun soal.
Acara dibagi menjadi dua tahap. Pertama pukul 09.00 sampai dengan 11.00 berupa seleksi teori. Dari tahap I dipilih 10 besar untuk mengikuti Tahap II berupa eksplorasi dan eksperimen, guna melihat performa calon juara menuju KSM tingkat nasional.
Pada kesempatan itu, MTsN  Margadana Kota Tegal, sebagai institusi pendidikan yang menetapkan visinya ‘Menjadi Sekolah Islami Unggulan dan Terpercaya,’ tidak ketinggalan ikut berpartisipasi. Setelah melalui seleksi tingkat madrasah yang dilanjutkan di tingkat Kota Tegal, terpilihlah tim KSM mewakili kota menuju tingkat propinsi.
Menurut Wakil Kepala MTsN Margadana Bidang Humas, Drs Fatchurodji, mereka yang masuk TIM KSM adalah Naila Fathinia (Biologi), Aflah Aulia Fisri Ramadani (Fisika), dan Firda Sefy Faradila (Matematika). "Didampingi Kepala MTsN Margadana, Dra Hj Siti Fasikha, Komite Madrasah, Drs H Moh Nasukha, dan Pembina IPA, Gunawan SSi. Rombongan bertolak menuju MAN 2 Kudus," katanya.
Disebutkan, pada seleksi tahap I, TIM KSM MTsN Margadana melaluinya dengan lancar dan hasilnya cukup memuaskan. Terbukti wakil mapel Biologi dan Fisika berhasil masuk sepuluh besar untuk mengikuti berlanjut ke tahap II. "Saat ini pelaksanaan tahap II masih berlangsung."
Hasil akhir KSM ini, imbuh Fatchurodji, akan diumumkan oleh Kanwil Kemenag Propinsi Jateng melalui Kantor Kemenag Kota/Kabupaten se-Jawa Tengah. "Apa yang diraih ini tentu menjadi kebahagiaan, kebanggaan, sekaligus langkah awal mewujudkan visi MTsN Margadan. Keunggulan di bidang sains ini semoga diikuti keunggulan-keunggulan di bidang lainnya," pungkasnya. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar